News

Sejarah Maine Coon

Ras Maine Coon dipercayai adalah kucing yang berasal dari 6 ekor kucing yang dipelihara oleh Marie Antoinette. Ke-6 kucing tersebut kemudian dikirim ke  Wiscasset di Maine ketika Marie akan melarikan diri dari Perancis pada saat terjadinya revolusi Perancis

Banyak peternak kucing beranggapan bahwa, Maine Coon dihasilkan dari persilangan ras kucing domestik dengan kucing berbulu panjang dari negara lain. Ras kucing yang dipercayai sebagai nenek moyang dari Maine Coon adalah ras Anggora dan ras Norwegian Forest.  Pada waktu itu, dipercayai ras Anggora dibawa oleh parapedagang Inggris  ke Amerika Serikat.  Sedangkan, ras Norwegian Forest dipercayai dibawa oleh bangsa Viking ke Amerika Serikat juga.

Pada tahun 1861, Maine Coon pertama kali mengikuti kontes kucing.   Pada 8 Mei 1895, seekor Maine Coon betina berwarna cokelat tabby bernama Cosey memenangkan kontes kucingyang diadakan di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat.

Pada tahun 1950, ras Maine Coon kembali dikembang biakan oleh enam peternak kucing. Pada tahun 1968, mereka semua membentuk sebuah organisasi kucing ras Maine Coon bernama “Maine coon Breeders and Fanciers Association” (MCBFA), dengan tujuan untuk mempertahankan ras Maine Coon. Akhirnya pada tahun 1980, sudah banyak pendaftaran kucing yang mengakui ras Maine Coon.

 

(sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Maine_Coon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *